Modul Penjualan pada Frontaccounting

Modul Penjualan pada Frontaccounting

Size
Price:

Baca selengkapnya

Anda sudah mengenal frontaccounting secara garis besar.
Sekarang mari kita kenali modul-modulnya.
Untuk modul yang pertama, mari kita kenali modul penjualan (sales).

Modul sales berfungsi untuk mengentri (memasukkan data penjualan), melihat data yang sudah dientry (inquery dan report) dan maintenance.
Pada semua modul dalam frontaccounting, anda akan menemui ketiga hal tersebut di atas.

Pada menu transaction/ entri transaksi, ada beberapa hal yang harus anda paham, yaitu:

  1. Sales quotation entry
  2. Sales order entry
  3. delivery
  4. invoice
  5. payment
  6. credit note
keenam jenis transaksi pada menu transaction pada modul sales tersebut harus anda pahami dengan seksama.

1. Sales quotation entry merupakan modul untuk mencatat quota atau jatah penjualan yang akan diberikan pada pelanggan tertentu. Jadi misalkan, seorang pelanggan sudah terikat perjanjian dengan kita harus membeli barang dari kita apa saja dalam jumlah berapa.

Sales quotation entry tidak harus dientry, karena transaksi ini tidak membentuk jurnal, mengurangi atau menambah stok. Sales quotation hanya menjadi dasar untuk mengentry sales order. tapi seumpama mau melewati sales quotation dan langsung entri sales order juga tidak masalah.

Jadi quotation bisa dikatakan optional, mau dipakai silahkan, tidak juga tidak mengapa.

2. Sales order entry
Merupakan menu untuk entri pesanan dari pelanggan (PO dari pelanggan). Pada perusahaan yang sudah terstruktur administrasinya, pelanggan tidak langsung beli barang dari gudang, tapi melalui proses yang namanya sales order atau pesanan pembelian

3. Delivery
Setelah barang dikumpulkan dan dipacking siap dikirimkan,  kemudian dibuatkan surat yang namanya delivery order (surat pengiriman barang).  Yaitu surat berisi tentang nama barang dan jumlah barang. Surat ini biasa disebut sebagai surat jalan.

4. Invoice.
Tembusan  delivery order dari gudang ditujukan kepada bagian keuangan untuk dibuatkan invoice (surat tagihan kepada pelanggan berdasarkan surat pengiriman barang/DO). Surat ini biasa disebut faktur.

5. Payment dan credit note
Berdasarkan invoice tersebut pelanggan melakukan pembayaran. Tetapi apabila pelanggan melakukan retur atau terjadi kesalahan maka kita membuatkan surat credit note, maksudnya mengurangi piutang kita pada pelanggan. 


0 Reviews

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *